Venezia!

This slideshow requires JavaScript.

 

Fotografer: Lukman
Narator: Lukman

Cerita di balik lensa

Dalam rangka mengisi waktu liburan Natal dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat, saya dan teman sekampung halaman, Ardy, berkunjung ke Italia! Mamma Mia! Buon Giorno! Prego! Sungguh bersyukur bisa mengunjungi negri pasta, pizza, seni yang cantik ini. Kami berhasil mengunjungi 3 kota: Venezia, Bologna, dan Roma. Kali ini fotopunyacerita melaporkan hasil jepret-jepret di Venezia.

 

Foto punya cerita

“Venice”, ternyata sepatu ini membawa kakiku menjejak kota kanal “Venezia”. Sepertinya dia gembira bertengger di sisi jembatan di atas kanal yang mulai sibuk dengan berlatar-belakang Katedral Santa Maria della Salute.Venezia adalah sebuah wilayah kepulauan di dalam laguna Venesia di sebelah Timur Laut Italia. Wilayah ini terdiri atas pulau-pulau kecil yang disatukan oleh jembatan-jembatan dan lalu lintas utama di sini adalah perahu yang melintasi kanal-kanal.

Inilah salah satu pemandangan dari atas Ponte dell’Accademia (Jembatan Akademia) di atas Canal Grande (Kanal Besar) yang jika dilihat dari atas berbentuk seperti cerminan huruf “S”. Tiga gondola hitam mewah sedang diparkir di tepi Kanal Besar yang airnya mengalir ke arah Katedral Santa Maria della Salute.

Tak kalah romantis dari pemandangan di atas jembatan, sisi kanan dan kiri Jembatan Akademia pun menjadi saksi perjalanan cinta ratusan pasangan yang mencantelkan ratusan gembok yang seolah-olah mengunci hubungan mereka.

Di seberang jembatan kami disambut kemegahan Piazza San Marco (Plaza Santo Markus) dan Piazzeta San Marco (Plaza Kecil Santo Markus). Pemandangan ini adalah Piazzeta San Marco yang diambil dari atas Basilica Cattedrale Patriarcale di San Marco (Basilika Santo Markus) yang konon katanya didalamnya disemayamkan relik Santo Markus yang dibawa oleh pedagang Venesia dari Alexandria dengan cara diselundupkan di bawah daging babi (Sumber: Wikipedia). Dua tiang yang terlihat menyambut kedatangan pengunjung dari laut pun memiliki kisah yang tidak kalah menarik. Di sebelah kanan merupakan patung St. Theodore, pelindung kota Venezia sebelum digantikan oleh St. Markus dan di sebelah kiri adalah lambang St. Markus sekaligus lambang kota Venezia, Singa Bersayap. Keduanya juga dikenal dengan nama Columns of Justice di mana banyak hukuman mati dilaksanakan diantara kedua tiang ini sampai 1446 (Sumber: Wikipedia).

Setelah mengaggumi kemegahan Piazza San Marco dan dan basilikanya, kami akhirnya menemukan kedua kubah Katedral Santa Maria della Salute. Bangunan ini berbentuk segi delapan seperti mahkota dan pada jamannya arsitektur seperti ini adalah yang pertama diterapkan pada gereja di kota ini sehingga menimbulkan kesan yang misterius (Sumber: Wikipedia). Menurut Mbah Wiki, kubah ini dibangun sebagai respon Senat Venezia untuk melawan wabah penyakit di tahun 1630-31. Bangunan ini dibangun mulai dari 1630 sampai 1687. Sungguh, dibutuhkan komitmen jangka panjang dan sumber daya yang besar untuk bisa menghasilkan karya yang mengagumkan seperti ini.

Italia tanpa makanan rasanya kurang lengkap. Kami pun melangkahkan kaki kami ke salah satu restoran kecil yang tersebar di daerah shopping. Sebenarnya saya tidak terlalu paham dengan nama makanan yang saya pesan tetapi inilah yang muncul di hadapan saya. Bubur, cumi saus hitam, bayam, dan kentang. Rasanya oke, tidak terlalu enak dan juga tidak memuakkan, tetapi ada kepercayaan diri dan keterampilan dari koki yang terpancar dari penampilan makanan ini.

Di malam hari yang dingin, perjalanan kami terhenti sebentar memandangi pohon Natal yang berkilauan. Pohon Natal ini terlihat begitu magis dengan lampu-lampu biru lembut kecilnya. Natal sudah menanti kami waktu itu..

Di malam hari yang dingin, kota kanal ini pun masih mempesona.. Pantulan cahaya yang menari-nari di atas gelombang air kanal menutup cerita dari Venezia..

 

One thought on “Venezia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s